Mengurus Paspor RI

Apabila memiliki cukup waktu, mengurus paspor RI sendiri memang cukup mudah. Berikut langkah-langkah mengurus paspor RI berdasar pengalaman saya mengurusnya di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan (yang pada saat itu masih menempati kantor sementara di Jl TB Simatupang):

1) Isi data secara online

Ditjen Imigrasi telah menyediakan sarana yang memudahkan di: http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/PassportFormCustomer.jsp
Dengan mengisi secara online, kita akan menghemat waktu mengisi dokumen di kantor imigrasi

2) Datang ke Kantor Imigrasi I

Usahakan untuk datang sepagi mungkin (Kanim baru buka jam 8 pagi, namun dari jam 7 pun antrian sudah ramai), langsung beli map di koperasi (harga Rp 5,000), tulis nama dan letakkan di tumpukan antrian yang terletak di samping mesin nomor antrian. Petugas baru akan memberikan nomor antrian jam 8 pagi. Sebagai gambaran lamanya antri, pada waktu itu saya datang jam 8 pagi, dan mendapat nomor antrian 236 (antrian pertama 201). Dengan nomor 236, saya baru dipanggil untuk pengecekan dokumen pada pukul 9:30. Petugas kemudian mengecek dokumen dan mempersilakan saya untuk menuju loket pendaftaran online. Petugas kemudian memberikan slip untuk membayar yang sebenarnya bisa langsung antri membayar, tetapi karena hari telah siang, saya memutuskan untuk melanjutkan proses esok harinya.

Dokumen yang harus disiapkan:
– KTP
– KK
– Akte Kelahiran
– Ijazah terakhir
– Surat pengantar dari kantor
Semua harus dibawa asli maupun fotokopi

3) Datang ke Kantor Imigrasi 2

Begitu datang ke Kanim, langsung cobloskan slip pembayaran ke paku yang ada di depan loket IV. Petugas akan memanggil kemudian untuk kita membayar Rp 260,000. Sangat disarankan untuk membawa uang cukup karena ATM di gedung Kanim sering tidak berfungsi. Begitu membayar, petugas akan memberikan bukti bayar untuk selanjutnya kita pakai untuk antri foto. Ketika telah sampai giliran, kita akan diundang masuk ke ruang foto, diwawancara (pertanyaan standar:”mau ke mana?”), diambil sidik jari 10 jari tangan, dan difoto, sampai petugas mengatakan bahwa proses selesai.

4) Mengambil Paspor

Kira-kira 2 minggu setelah proses pengambilan foto, paspor akan siap untuk diambil. Begitu sampai Kanim, segera cobloskan bukti bayar di loket pengambilan. Kita akan dipanggil, diminta tanda tangan dan fotokopi halaman depan paspor; dan begitulah, kita memiliki Paspor RI.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: